Pages

Wednesday, 11 November 2020

GPT Protective Partition pada Hard disk

 

Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk telah disiapkan dengan Partisi Pelindung GPT. Hal tersebut menunjukkan bahwa Anda tidak dapat melakukan partisi ulang atau format ulang hard disk. Artikel ini akan membahas cara memecahkan masalah ini.

Apa itu GPT disk?

GPT (GUID Partition Table) diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif EFI (Extensible Firmware Interface). GPT memberikan mekanisme yang lebih fleksibel untuk pemartisian disk daripada skema pemartisian MBR (Master Boot Record) yang sudah sering digunakan untuk PC.

Partisi adalah ruang penyimpanan yang berdekatan dalam disk fisik atau logis yang berfungsi membuat seolah-olah disk terpisah secara fisik. Partisi dilihat melalui sistem operasi yang diinstal dan firmware sistem. Akses ke partisi dikontrol oleh firmware sistem sebelum sistem melakukan booting sistem operasi, lalu oleh sistem operasi setelah booting dimulai.

Skema GPT (Meja Partisi GUID) dilakukan di edisi Microsoft Windows XP x64, Windows Server 2003 (64 bit), Windows Server 2003 SP1 (semua versi), Windows Vista, dan Windows 7+

Singkatnya, Partisi GPT dikembangkan untuk memecahkan masalah ukuran partisi MBR yang diketahui; ukuran maksimum untuk partisi MBR adalah 2 TB (Terabyte). Partisi GPT memungkinkan Anda dapat melebihi batasan ini.

Catatan: Untuk informasi yang lebih lengkap tentang Partisi Pelindung GPT, lihat link Microsoft berikut:
https://docs.microsoft.com/en-us/windows-hardware/manufacture/desktop/windows-and-gpt-faq

Partisi GPT (GUID Partition Table) juga ditemukan di Mac OS X versi 10.4.6 dan yang lebih baru. Mac yang berbasis Intel memerlukan partisi GPT di volume booting, baik itu internal atau eksternal.

Saat menyambungkan hard disk internal dan/atau eksternal ke sistem operasi Windows XP (atau yang lebih baru) 32-bit, Anda mungkin akan mendapati hard disk Anda tidak dapat diakses dan Manajemen Disk melaporkan bahwa hard disk memiliki Partisi Pelindung GPT di dalamnya. Hard disk tidak dapat dipartisi ulang atau diformat ulang dalam keadaan ini. Hal ini disebabkan karena hard disk internal atau eksternal sebelumnya disiapkan dalam komputer Windows atau Macintosh dengan partisi GPT.

Fasilitas Manajemen Disk Normal tidak akan memecahkan masalah ini. Untuk menyiapkan hard disk ini, Anda harus menggunakan utilitas jajaran perintah diskpart Windows. Prosedur berikut memberikan langkah-langkah untuk membersihkan Partisi Pelindung GPT dari drive hard disk yang tersambung dengan Sistem Operasi Windows XP (atau yang lebih baru) 32-bit yang ada.

Ini adalah proses yang merusak data. Prosedur ini tidak hanya menghapus semua partisi, tetapi juga menghapus Tanda Tangan Drive. Sebelum melanjutkan, Anda sangat disarankan untuk mencadangkan setiap/semua data yang penting di hard disk.
Anda harus membuka Manajemen Disk dan mencatat Nomor Disk dari hard disk yang memiliki partisi Pelindung GPT karena Anda akan membutuhkan informasi ini di prosedur berikutnya.

  1. Tentukan disknumber (nomor disk) yang ditetapkan ke hard disk yang terlindungi GPT.
    1. Klik kanan (My) Computer (Komputer Saya).
    2. Pilih Manage (Kelola).
    3. Pilih Disk Management (Manajemen Disk) (terdaftar dalam Penyimpanan).
    4. Cari hard disk yang diidentifikasi sebagai GPT dan catat Disk number (nomor Disk) (misalnya Disk 1).



  1. Buka Jendela Perintah. Dari prompt perintah, ketik diskpart, lalu tekan Enter. Prompt diskpart akan terbuka.
  2. Dari prompt diskpart, ketik list disk (daftar disk), lalu tekan Enter. Daftar disk akan muncul dalam format teks. Anda akan kembali ke prompt diskpart.
  3. Dari prompt diskpart, ketik select disk (pilih disk) disknumber (nomor disk) (misalnya, jika disk yang memiliki Partisi Pelindung GPT adalah Disk 2, maka Anda harus mengetik select disk 2 (pilih disk 2), lalu tekan Enter. Sebuah pesan akan muncul, memberitahukan bahwa disk tersebut sudah dipilih. Anda akan kembali ke prompt diskpart.
  4. Dari prompt diskpart, ketik clean (bersihkan), lalu tekan Enter. Pada tahap ini, tanda tangan dan partisi hard disk dihapus. Anda akan kembali ke prompt diskpart.
  5. Dari prompt diskpart, ketik exit (keluar), lalu tekan Enter. Ketik exit (keluar) sekali lagi untuk menutup Jendela Perintah. Pada tahap ini, hard disk internal dan/atau eksternal dapat dipartisi, diformat, dan diinisialisasi ulang.
  6. Luncurkan Manajemen Disk, dan untuk menginisialisasi disk:
    • Gunakan Inisialisasi dan Konversi Disk Wizard...

-ATAU-

    • Tutup Wizard, klik kanan disk terkait dan pilih Initialize Disk (Inisialisasi Disk) dari menu drop-down.
  1. Setelah hard disk berhasil diinisialisasi, lanjutkan menggunakan Manajemen Disk untuk membuat partisi dan memformat hard disk.
by:www.seagate.com

2 comments:

  1. If you invest on tech companies that know what the industry is all about, then you hit jackpot.
    mygcu.edustudentportal
    Watch cartoon online
    movies from Solar Movies

    ReplyDelete
  2. If the drive makes any unusual noises at all, it's best to just immediately power down the drive. Data Recovery Melbourne

    ReplyDelete

GPT Protective Partition pada Hard disk

  Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk te...