Pages

Wednesday, 26 July 2017

Hard Disk Menjadi RAW



Dengan banyak sebab, hard disk pada computer ataupun hard disk portable memungkinkan format system menjadi RAW, sehingga tidak dapat di baca oleh Sistem Operasi Windows.
Ketika hard disk file systemnya menjadi RAW dan terhubung ke computer Windows, maka instruksi dari Windows adalah format menjadi NTFS, FAT32, FAT sehingga bisa terbaca oleh Windows. Tetapi, jika hard disk di format, maka data di dalamnya akan terhapus, lalu bagaimana agar data dapat kembali?

Awalnya, saya melakukan format hard disk menjadi NTFS dan kemudian melakukan recovery menggunakan aplikasi third party seperti:


Saya kira cara tersebut tidak efektif, dan cukup banyak memakan waktu, terlebih untuk hard disk yang berkapasitas besar. Belum lagi data yang di recovery mengembalikan data-data yang sebelum menjadi RAW, sehingga terjadi duplikat dan kita harus teliti memilah data mana yang akan kita recovery.
Kelebihan menggunakan Get Data Back, struktur foldernya tidak berubah, sehingga memudahkan dalam memilah data. Kalau menggunakan EaseUS folder dan file akan ter-generate menjadi nama lain dan akan menyulitkan untuk memilah data yang akan di recovery. Data yang di recovery tidak selalu kembali normal 100%, bisa jadi data menjadi corrupt. 

Demikian solusi pertama yang dapat dilakukan kalau hard disk menjadi RAW, cara lainnya yang saya kira lebih efektif adalah:
Umumnya hard disk yang berubah menjadi RAW masih dapat terbaca dari system operasi Linux, dan yang dilakukan adalah hubungkan hard disk yang menjadi RAW ke Linux dan copy datanya, kemudian format menjadi NTFS atau FAT32, saya sarankan menjadi NTFS karna read/write data lebih cepat disbanding FAT32 dan FAT32 tidak dapat menerima file yang ukurannya lebih dari 4Gb.
Bisa menggunakan Linux dari bootable flashdisk, bisa mengikuti artikel dibawah untuk menjadikan flashdisk bootable Linux.
Membuatflashdisk bootable.

1 comment:

GPT Protective Partition pada Hard disk

  Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk te...