Pages

Thursday, 3 March 2016

Teka Teki Indihome

Saat ini sedang marak produk Telkom yang disebut Triple Play, betul itu adalah Indihome.
IndiHome merupakan layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Internet on Fiber atau High Speed Internet, Phone (Telepon Rumah), dan IPTV (UseeTV Cable) beserta beberapa fitur tambahan seperti IndiHome View, MelOn dan Trend Micro Security System.
Dan sedihnya mereka memberi paket minimum yang menurut saya sangat memaksa pelanggan baru, yaitu paket 10 Mbps, mungkin seblumnya ada beberapa paket yang lebih kecil, tetapi saat saya berencana melakukan registrasi, itulah paket yang paling kecil.


Dan akhirnya saya coba, berjalan 7 bulan, terasa cukup berat hehe "ngirit mode On", saya putuskan untuk memutus Indihome kalau memang tidak ada paket yang lebih murah,
dan saya berangkat ke Plasa Telkom, di Balikpapan tepatnya. Saya sampaikan tujuan saya seperti rencana awal, dan Customer Service infonya itulah paket yang paling kecil saat ini,
Sebelumnya saya mencoba cari tau mengenai paket lain tentang Indihome, dan informasi saya dapatkan dari kawan yang juga ada di Telkom, tapi katanya Dia tidak terkait dengan program Indihome, karna memang dia khusus Corporate / menangani produk Perusahaan seperti Astinet.
Dan infonya ada paket Quota untuk Indihome, saya sampaikanlah hal tersebut kepada CS yang infonya paket 10Mbps lah yang paling kecil, dan CS bilang "Baik Pak, ditunggu sebentar saya konfirmasi", saya tunggu sekitar 30menit, dan akhirnya CS kembali membawa berita "Benar Pak, ada paket quota 20 GB, jika lebih kecepatan akan turun jadi 512Kbps" dan harganya selisih sekitar 150rb, berfikir sejenak, rata-rata penggunaan saya 100GB/bulan, saya putuskan baik Mbk saya coba paket itu, dan tolong di migrasi agar tagihan bulan depan sudah berubah.

Kemudian saya berfikir untuk membatasi akses streaming, agar penggunaan bandwidth lebih efisien, salah satunya adalah website Youtube.
Saya coba cari alternative untuk tujuan di atas, dan tadaaaa saya membeli Mikrotik RB750G, dan saya melakukan blok Streaming dengan Mikrotik.
Blok Mikrotik bisa di baca pada artikel "Block Youtube Streaming dengan Layer7 Mikrotik".

Sekian.

1 comment:

  1. Wah, pengalaman yang sama, tapi saya tidak mengerti optimasi 20GB yg diberikan, jadi biarlah kecepatannya menurun, mungkin lain waktu bisa dicoba.

    ReplyDelete

GPT Protective Partition pada Hard disk

  Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk te...