Pages

Monday, 21 December 2015

Mengenal vCenter

vCenter Server adalah komponen pada produk VMware vSphere yang berfungsi sebagai centralized management untuk virtual environment VMware vShere, terutama jika virtual environment yang berisi banyak ESXi host dan Virtual Machine dalam jumlah yang relatif banyak. ESXi host bisa di manage secara remote tanpa vCenter, yaitu lewat koneksi SSH dengan command line interface maupun dengan vSphere Client dengangraphical user interface, tapi fiturnya sangat terbatas karena semua fitur-fitur advanced pada VMware vSphere seperti ClustervMotion, Clone Virtual Machine, High Availability, Fault Tolerance, create Template, dan lain-lain hanya bisa dilakukan jika menggunakan vCenter Server. Dan jika ingin me-manage beberapa ESXi host tanpa vCenter Server, maka setiap ESXi host harus di remote satu per satu dan tidak bisa dilakukan clustering, hal itu mungkin agak merepotkan apalagi jika jumlah ESXi hostnya relatif cukup banyak, sedangkan dengan menggunakan vCenter bisa di remote semua ESXI host sekaligus dari vCenter Server, seperti ilustrasi yang ada pada gambar dibawah ini.

vcenter1
vcenter2
vCenter Server terdiri dari dua jenis yaitu vCenter Server Windows Based yang diinstall di sistem operasi Windows server dan satu lagi vCenter Server Virtual Appliance yang menggunakan sistem operasi Suse Linux Enterprise Server. Fungsi keduanya sama, hanya berbeda pada proses instalasi dan deploymentnya saja. vCenter Server yang windows-based dapat diinstall sebagai Virtual Machine maupun diinstall sebagai physical server, sedangkan vCenter Server Virtual Appliance hanya bisa di deploy dalam bentuk virtual machine, tidak bisa sebagai physical server.
vcenter3b
Satu vCenter Server dapat me-manage sampai
  • 1000 (seribu) ESXi host
  • 10.000 (sepuluh ribu) virtual machine yang power-on,
  • bisa juga dilakukan link-mode antar vCenter Server sampai 10 vCenter yang secara keseluruhan me-manage 30.000 (tiga puluh ribu) virtula machine.
  • dalam setiap cluster yang ada dalam vCenter dapat terdiri dari 64 ESXi host per cluster
  • dan 8000 (delapan ribu) virtual machine per cluster.
Naufal Asegaf

No comments:

Post a Comment

GPT Protective Partition pada Hard disk

  Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk te...