Pages

Monday, 21 December 2015

Instalasi vSphere Client

Melakukan instalasi vSphere Client cukup mudah, namun sebelum melakukan instalasi, harap pastikan komputer yang akan digunakan untuk diinstall vSPhere Client haruslah sudah memenuhi requirements berikut: ini:
vsphereclient2
Sumber: VMware KnowledgeBase no.2005083
Adapun langkah-langkah instalasinya adalah sebagai berikut:
  1. Download file installer vSphere Client di vmware.com pada halaman download, pilih file seperti yang di kotak merah pada berikut ini.
vsphereclient3

Atau bisa dengan cara buka browser kemudian di kotak alamat masukkan IP Address ESXi host yang sudah diinstal, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, klik link Download vSphere Client yang ditandai kotak merah pada gambar untuk men-download file installer vSphere Client.
vsphereclient4
  1. Jika sudah di download, maka eksekusi file installare tersebut, dan ikuti langkah-langkah selanjutnya berikut ini, pertama pilih bahasa lalu klik <OK>.
vsphereclient5
  1. Kemudian klik <Next> pada tampilan dibawah ini.
vsphereclient6

  1. Pilih I accept the terms in the license agreement, kemudian klik <Next>
vsphereclient7
  1. Jika lokasi instalasi tidak ingin diganti dari lokasi default foldernya yaitu C:\Program Files (x86VMware\Infrastructure\ maka langsung klik <Next>, tapi jika ingin mengganti lokasi instalasinya maka klik <Change…> lalu pilih lokasi folder instalasi yang diinginkan, kemudian klik <Next>
vsphereclient8


  1. Setelah itu klik <Install> kemudian tunggu sampai proses instalasi selesai.
vsphereclient9
vsphereclient10


  1. Setelah selesai, klik <Finish>.
vsphereclient11

  1. Setelah proses instalasi vSphere Client selesai maka pada desktop windows seharusnya ada icon shortcutvSphere Client seperti berikut ini
vsphereclient12

  1. Untuk menggunakan vSphere Client dan me-remote ESXi host, double-click icon vSphere Client, maka akan muncul windows dengan tampilan seperti dibawah ini, isi IP Address / Name ESXi host yang akan diremote beserta User name: (root) dan Passwordnya lalu klik <Login>.
    vsphereclient13
  2. Ketika sudah login, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, contoh gambar dibawah ini adalah ESXi host yang didalamnya sudah ada beberapa Virtual Machine.
vsphereclient14
 Sampai disini instalasi vSphere Client telah selesai.
by:Naufal Asegaf

No comments:

Post a Comment

GPT Protective Partition pada Hard disk

  Terkadang, setelah menyambungkan hard disk internal atau eksternal ke sistem Anda, Disk Management Windows memberi tahu bahwa hard disk te...