Sebagai contoh, sebuah perusahaan besar memiliki kantor pusat di Jakarta dengan 1000 user dan kantor cabang di Surabaya sebanyak 500 user. Jika semua user dipusatkan di Jakarta, nantinya pengiriman email sesama rekan di Surabaya akan lari ke Jakarta. Hal ini akan memboroskan bandwidth dan membuat pengiriman email berjalan lambat.

Solusi yang lebih baik adalah dengan cara membuat mail server dimasing-masing lokasi dengan nama domain yang sama persis. Email 1 lokasi akan secara otomatis dikirimkan sesama 1 lokasi Zimbra sehingga bisa langsung pindah mailbox tanpa harus menggunakan bandwidth keluar.
Lantas, bagaimana caranya Zimbra bisa mengenali bahwa account tertentu ada di Jakarta/Surabaya?
Zimbra cukup cerdas untuk mengatasi hal ini. Prinsip & logika yang digunakan oleh Zimbra sangat simple.
- Jika account yang dituju ada pada mail server pengirim maka itu artinya email sesama lokasi.
- Jika account yang dituju tidak ada pada mail server pengirim (meski sesama 1 domain), itu artinya email beda lokasi dan harus diforward keluar
DI SERVER JAKARTA
1.
su
- zimbra
2.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllAddress @excellent.co.
id
3.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllForwardingAddress @excellent.co.
id
4.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailTransport smtp:surabaya.excellent.co.
id
1.
su
- zimbra
2.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllAddress @excellent.co.
id
3.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllForwardingAddress @excellent.co.
id
4.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailTransport smtp:jakarta.excellent.co.
id
1.
su
- zimbra
2.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllAddress @excellent.co.
id
3.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailCatchAllForwardingAddress @excellent.co.
id
4.
zmprov md excellent.co.
id
zimbraMailTransport smtp:exchange.excellent.co.
id
By : http://www.excellent.co.id
No comments:
Post a Comment